Friday, December 9, 2011

My First Cookies : Corn Chips and Choco Cookies


Waktu itu 5 hari menjelang Idul Fitri 1431 H tapi baru punya kue Nastar untuk dikirim ke orangtua, daripada bingung, saat itu terpikir tuk browsing internet and searching resep kue kering lain yang beda dari Nastar, Kastengel ataupun Putri Salju. Akhirnya ketemu satu resep yang bahannya murah, mudah cara buatnya dan tampilannya pun menarik.

Resep aslinya bernama Mocha Chocolate Thumbprint, saya salin resepnya dari
http://www.tabloidnova.com/. Saya ubah sedikit bahannya karena kebetulan saya tidak suka kopi dan walau begitu, hasilnya tidak mengurangi rasa kue yang garing, gurih & manis ... pokoke hasil jadinya lumayan bikin anak-anak ketagihan.

Ini dia resepnya.


Bahan:
120 gr mentega tawar dingin
¼ sdt garam
100 gr gula halus
1 btr kuning telur
¼ sdt vanili bubuk

Ayak:
175 gr tepung terigu protein rendah
10 gr tepung maizena
2 sdt susu full cream

Topping:
50 gr corn flakes, remukkan
100 gr dark cooking chocolate, lelehkan
1 putih telur, kocok lepas



Cara Membuat:
1.    Panaskan oven dan siapkan Loyang datar, olesi dengan margarine atau bisa juga alasi dengan kertas roti. Kocok rata mentega, garam, gula halus. Kocok dengan dengan mixer kecepatan rendah. Tambahkan kuning telur dan vanili bubuk sambil terus dikocok hingga lembut. Masukkan campuran tepung dan uleni sampai kalis dan tidak lengket di tangan.
2.   Ambil 1 sdt adonan, bulatkan, celupkan ke dalam putih telur, segera angkat dan gulingkan pada Corn Flakes dan tekan tengahnya dengan jari hingga berlubang cekung. Panggang dalam oven hingga matang. Angkat. Dinginkan.
3.   Masukkan dark cooking chocolate leleh ke dalam kantung spuit, gunting ujungnya. Spuitkan ke dalam lubang kue tadi hingga penuh, dinginkan hingga coklat membeku.


Tips:
#    Bagi penyuka kopi, susu full cream dapat diganti dengan kopi instant yang dilarutkan dengan sedikit air panas sesuai dengan resep aslinya atau bisa juga dengan 2 sdt essence mocha agar aroma dan rasa mocha-nya lebih terasa lagi.
   Pada saat adonan dipanggang dalam oven, dapat terlihat bahwa adonan yang ditekan dengan jari tadi tidak akan cekung lagi karena pada saat pemanggangan, adonan akan mengembang secara keseluruhan. Solusinya adalah pada saat kue 1/3 matang, keluarkan dari oven dan tekan bagian tengah adonan dengan ujung kuas besar hingga membentuk cekungan sebesar ujung jari, setelah itu masukkan kembali adonan dan panggang hingga matang. Lanjutkan proses berikutnya.


Tuk yang penasaran pengen coba rasanya tapi gak mau repot, bisa order ke aku kok heeeee.


      

No comments:

Post a Comment